Kekuatan Magis Alas Ketonggo


Alas Ketonggo, adalah satu rimba yang begitu populer terutama dikalangan beberapa penelusur dunia beda karna memanglah rimba itu termasuk juga dalam satu diantara tempat paling angker di pulau jawa. Nama Alas Ketonggo sendiri mempunyai arti sendiri yakni alas bermakna Rimba serta Ketonggo datang dari kata Katon yang berarti Tampak serta Onggo adalah Mahluk halus yang dapat di uraikan makhluk halus atau kehidupan yang halus yang katon atau terlihat. Serta pasalnya alas ketonggo ini mempunyai jalinan yang begitu erat dengan Alas Purwo di Banyuwangi yang di kenal dengan sebutan kerajaan jin paling besar di pulau jawa yang mana alas ketonggo di juluku jadi Ibuk serta alas purwo jadi Ayah.
Menurut mitos yang mengedar di orang-orang sekitaran Alas Ketonggo dipercayai jadi pusat keratin lelembut atau mahluk halus serta di tempat rimba itu ada lebih dari 54 tempat pertapaan yang seringkali dipakai oleh beberapa normal untuk bertapa. Tetapi dari banyak tempat itu ada 10 tempat yang paling popular serta seringkali dipakai untuk lakukan ritual salah satunya yakni Phunden Watu Dakon, Punden Tugu Mas, Palenggahan Agung Srigati, Umbul Jambe, Punden Siti Hinggil, Kali Tempur Sedalem, Watu Legok, Batok Bolu, Kori Gapit serta Palenggahan Soekarno.
Alas Ketonggo yang di sebut dengan alas srigati ini adalah tempat bersejarah yang mana diceritakan kalau di rimba ini tempat pertapaan Prabu Brawijaya V (Sunan Lawu) serta ditempat itu juga Prabu Brawijaya V melepas semuanya sinyal kebesaran kerajaan seperti mahkota, jubah serta semuanya benda pusaka yang dipunyainya tetapi kesemuanya raib atau mukso, serta di rimba itu ada satu petilasan prabu brawijaya yang berbentuk gundukan tanah yang tumbuh sehari-harinya serta mengeras seperti batu karang serta petilasan itu dinyatakan sisi dari histori majapahit oleh Gusti Dorojatun IX dari kesunanan Surakarta. So.. tidaklah heran bila ketika 1 muharram atau perubahan bln. hijriah alas ketonggo ini dipadati oleh beberapa ribu pengunjung yang datang dari beragam daerah.
Kehadiran pesanggrahan Srigati di rimba itu buat alas ketonggo jadi satu object wisata spiritual yang cukup di kenal, waktu masuk alas ketonggo beberapa pengunjung segera bisa lihat pesanggrahan Agung Srigati yang berbentuk tempat tinggal kecil dengan ukuran 4x3 mtr. yang didalamnya ada gundukan tanah yang tiapharinya tumbuh seperti tanah hidup, serta dinding tempat tinggal itu dikitari kain putih ciri khas tempat sakral. Pesanggrahan srigati ini jadi tempat untuk bertapa, merenung, berdoa pada sang khaliq, pada hari-hari spesifik pesanggrahan ini sangat ramai seperti jumat pon, jnumat legi serta bln. suro umumnya beberapa tamu membawa pesembahan sendiri seperti dupa, menyan, serta bunga sesuai sama apa yang diyakininya semasing.

Terkecuali jadi object wisata spiritual alas di alas ketonggo ini ada mitos yang begitu menyeramkan yakni “sering terdengar nada tetapi tidak Terlihat wujudnya, serta ada pula pengunjung yang lihat kilatan sinar aneh berwarna-warni yang datang dari atas pohon. Diluar itu alas ketonggo ini dikenal juga jadi tempat penarikan uang dengan kata lain Bank Gaib.
Previous
Next Post »