Keindahan Air Terjun Luweng Sampang

Sampai kini Gunungkidul populer sekali dengan keindahan jejeran pantainya yang senantiasa dipenuhi oleh beberapa wisatawan. Tetapi nyatanya diluar itu di kabupaten yang memiliki slogan Handayani ini, ada banyak obyek wisata air terjun yang sangat elok. Salah nya ialah Air Terjun Luweng Sampang yang terdapat diantara Desa Jogoprayan Kecamatan Gantiwarno Klaten Jawa Tengah dengan Desa Sampang Kecamatan Gedangsari Gunungkidul, DIY.

Asal mula nama luweng sampang sendiri di ambil dari arti ‘Luweng’ yang bermakna lubang, serta ‘Sampang’ sebagai nama Desa setempat, yakni Desa Sampang.

Untuk menuju ke tempat air terjun Luweng Sampang, beberapa penelusur mesti sedikit berusaha keras karna juga akan melalui medan jalan yang sedikit susah. Bila beberapa penelusur dari arah kota Jogja melalui Jalan Solo menuju ke pertigaan arah gantiwarno, kemudian beberapa penelusur ambil ke arah Gantiwarno serta lalu jalan ke Kantor Kecamatan Gantiwarno. Kemudian beberapa penelusur menuju ke Desa Jogoprayan serta ikutilah arah sungai yang berada di sekitaran situ jadi beberapa penelusur juga akan menjangkau ke tempat.

Luweng Sampang sendiri adalah satu air terjun yang mempunyai karakter cukup unik. Air terjun ini termasuk mini karna cuma memiliki ketinggian sekitaran lima mtr., tetapi komposisi dari batuan di sekelilingnya tampak begitu menarik, berbentuk dinding batu yang tergerus oleh air, sama seperti di Grand Canyon. Waktu musim penghujan, air terjun Luweng Sampang ini juga akan tampak makin indah, karna debet air yang jatuh juga akan besar serta juga akan makin menghadirkan pesonanya.

Di air terjun Luweng Sampang ini, beberapa penelusur bisa bermain mandi karna kolam air yang ada tidak sangat dalam, diluar itu dapat juga melompat dari atas batu. Luweng Sampang sendiri dapat juga untuk jadikan jadi tempat prewedding karna pemandangannya yang memanglah indah. Terkecuali air terjun paling utama, ditempat ini ada air terjun kecil serta satu kolam yang cukup nyaman untuk beberapa penelusur bersantai diatas bebatuan sembari nikmati panorama alam.

Untuk masuk ke air terjun Luweng Sampang ini, beberapa penelusur tidaklah perlu beli ticket masuk, karna di obyek wisata ini memanglah belum juga di berlakukan retribusi ticket masuk. Semuanya mengisyaratkan kalau obyek wisata ini masih tetap sangat alami serta belumlah ada campur tangan dari pemerintah setempat.
Menurut pembicaraan warga sekitaran, jaman dulu di balik air terjun Luweng Sampang ini dipakai untuk bertapa oleh Sunan Kali Jagalah. Wali Sanga sendiri adalah penebar agama islam di tanah jawa serta salah nya ialah Sunan Kalijaga itu yang disebut putra Adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta. Ia yaitu murid Sunan Bonang. Sunan Kalijaga populer jadi wali yang nguri-uri kebudayaan Jawa. Beliau memakai kesenian serta kebudayaan jadi fasilitas untuk berdakwah, diantaranya kesenian wayang kulit dan tembang suluk.

Waktu bertandang ke air terjun Luweng Sampang ini, beberapa penelusur janganlah lupa membawa camera untuk mengabadikan semua aktivitas waktu ada ditempat yang indah ini. Diluar itu, bila menginginkan ke sini baiknya beramai-ramai karna tempat ini masih tetap begitu sepi sekali.
Previous
Next Post »